Halaman

Senin, 13 Oktober 2014

Perangkat Keras (Hardware) Jaringan Komputer (Jarkom)

Oke, kali ini saya akan nge-post tugas tentang "Perangkat Keras Jaringan Komunikasi". Satu hal yang pengen saya bilang tentang materi ini cuma ... Berhati - hatilah (Bisa kesetrum, bila kalian gojek sendiri). Yap silahkan saja langsung dibaca, dicopas, sekedar lewat buat ngecek speed internet lo silahkan ..

 Ada beberapa perangkat keras yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer seperti komputer, card network dan segala sesuatu yang berhubungan dengan koneksi jaringan yang dibutuhkan dalam proses transformasi data jaringan. Berikut adalah macam macam perangkat keras tersebut :

1.      Server
Server adalah sistem komputer yang berjalan terus menerus di jaringan dengan tugas  untuk  melayani  komputer  client dalam  jaringan. Dapat dikatakan bahwa server adalah “pusat” dari semua kegiatan dalam suatu jaringan computer. Tugas sebuah server adalah mengontrol komunikasi dan informasi di antara node / komponen dalam suatu jaringan. Ada 2 buah jenis server
  • Server dedicated, server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware.
  • Server Non-Dedicated, server yang juga bisa berfungsi sebagai workstation. Contohnya : Microsoft Windows NT Server, Mocrosoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.
Dari fungsinya, server dapat digunakan :
  • Menyimpan file-file yang digunakan bersama-sama pada hard disk-nya
  • Mengatur komunikasi (seperti pesan e-mail) antar workstation
  • Mengkoordinasikan pencetakan kepada printer yang dipakai bersama-sama
  • Server juga dapat menyimpan CD-ROM yang dapat dipakai oleh para pemakai network
  • Bisa menyimpan tape drive atau drive lain yang digunakan untuk menyimpan hard disk server atau hard disk padaworkstation
  • Dengan perangkat lunak dan keras tambahan, server bisa mengarahkan e-mail dari dan ke internet. Server juga bisa mengirimkan fax ke luar jaringan ke mesin-mesin fax yang ada di luar. Kenyataannya server hampir dapat melakukan semua pekerjaan yang mencakup pengiriman data.

2.      Workstation            
Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam suatu jaringan disebut workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai kartu jaringan, aplikasi jaringan (software jaringan), dan kabel untuk menghubungkan ke jaringan.Biasanya sebuah workstation tidak terlalu membutuhkan floppy karena data yang ingin disimpan bisa diletakkan di file server.

3.      Network Internet Card (NIC) atau LAN Card
NIC atau kartu jaringan yang disebut LAN card ini adalah merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. komponen ini biasanya sudah terpasang secara onboard di beberapa komputer atau laptop.
Kartu jaringan harus ada dalam komputer baik client maupun server agar dapat dijalankan dalam jaringan.

Berdasarkan tipe slot pada motherboard dibedakan menjadi dua jenis:
  • Tipe slot ISA (slot warna hitam/coklat, lebih panjang)
  • Tipe slot PCI (slot warna putih, lebih pendek)
Dua fungsi utama kartu jaringan yaitu:
a) Perangkat yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer
b) Perangkat yang menyediakan pengalamatan secara fisik (MAC address).

4.      Router
Router merupakan pintu gerbang jaringan komputer.Jika suatu jaringan komputer ingin berkomunikasi dengan komunitas jaringan lain maka diperlukan sebuah router.  
Pada dasarnya, fungsi router adalah sebagai berikut:
a) Mengatur jalur sinyal secara efisien.
b) Mengatur pesan di antara dua buah protokol.
c) Mengatur pesan di antara topologi jaringan linear bus dan star.
d) Mengatur pesan yang melewati kabel fiber optic, kabel koaksial, atau twisted pair.



5.      Repeater
Reapeter adalah perangkat keras jaringan komputer berupa alat sederhana yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang melewatinya. dua sub jaringan yang dihubungkan oleh perangkat ini memiliki protokol yang sama untuk semua lapisan dengan  jarak  yang berjauhan sehingga  komunikasi  di antara kedua  sub jaringan  tersebut  dapat  berlangsung  dengan  baik


6.      Hub
Hub  adalah suatu  perangkat keras jaringan komputer yang  memiliki banyak  port.  Hub  berfungsi  untuk  menghubungkan  komputer  server ke  beberapa komputer  client sehingga  akan  membentuk suatu  jaringan  dengan  topologi  star dan mempunyai fungsi utama untuk menyambung kabel-kabel antar komputer dan menguatkan sinyal-sinyal data yang melaluinya. 


7.      Switch
Sering disebut dengan multiport bridge dan terdiri dari beberapa port Ethernet. Agar komputer dapat saling berkomunikasi, switch membentuk virtual circuit
Switch pada prinsipnya sama dengan hub bedanya switch lebih pintar daripada hub karena mampu menganalisa paket data yang dilewatkan padanya sebelum dikirim ke tujuan. Selain itu switch juga memiliki kecepatan transfer data dari server ke workstation atau sebaliknya.
8.      Bridge
Sesuai  dengan  namanya, perangkat keras jaringan komputer ini berfungsi  untuk  menghubungkan  beberapa jaringan  yang  terpisah,  baik  jaringan  yang sama  maupun  berbeda.  Bridge  memetakan alamat  jaringan  dan  hanya  memperbolehkan  lalu  lintas  data  yang  diperlukan. 
9.      Kabel Jaringan
Kabel dalam sebuah jaringan digunakan sebagai media penghubung. Meskipun sekarang sudah ada teknologi tanpa kabel (wireless) namun kabel masih sering digunakan karena mudah dalam pengoperasiannya. Ada beberapa macam tipe kabel yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer seperti :
A.    Kabel Twisted Pair
Kabel Twisted Pair ini terdiri dari beberapa kabel yang saling melilit. Ada dua jenis kabel yang termasuk dalam tipe kabel ini yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dengan lapisan alumunium foil dan Unshielded Twisted Pair (UTP). Kedua jenis kabel twisted pair ini pada dasarnya sama, bedanya hanya kabel UTP rentan terhadap medan magnet atau voltase yang tinggi sedangkan kabel STP tidak.

B.     Kabel Coaxial
Tampilan fisik kabel ini terdiri dari kawat tembaga sebagai inti yang dilapisi oleh isolator dalam lalu dikelilingi oleh konduktor luar kemudian dibungkus dengan bahan semacam PVC sebagai lapisan isolator paling luar. Kabel ini sudah jarang digunakan.


C.     Kabel Fiber Optic
Kabel Fiber optic adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa. Sudah digunakan pada jaringan biasa baik LAN, WAN maupun MAN karena dapat memberikan dampak yang lebih pada kecepatan dan bandwith karena fiber optic ini menggunakan bias cahaya untuk mentransfer data yang melewatinya namun untuk membangun jaringan dengan fiber optic dibutuhkan biaya yang cukup mahal dikarenakan dibutuhkan alat khusus dalam pembangunannya.

10.  Konektor

 Konektor digunakan sebagai sarana penghubung antara kabel dengan colokan NIC (Network Interface Card) yang ada pada komputer. Jenis konektor ini disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan misalnya Konektor RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP/STP, konektor BNC/T berpasangan dengan kabel coaxial dan konektor ST berpasangan dengan kabel fiber optic.


11.  Gateway
Perangkat keras jaringan komputer ini  digunakan  untuk  interkoneksi jaringan  di  mana  masing-masing  jaringan memiliki  arsitektur  yang  sangat  berbeda. Banyaknya protokol komunikasi menyebabkan  dibutuhkannya  gateway  dalam  suatu jaringan.  Gateway  menerjemahkan  protokol sehingga  menjadi  compatible (cocok)  agar komunikasi  data  di  jaringan  dapat  bekerja dengan  baik.


12.  Modem (Modulator-Demodulator)
Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukkan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita.


13.  Uninterrutible Power Supply (UPS)



PENGERTIAN UPS DAN FUNGSINYA


UPS adalah singkatan dari Uninterruptible power supply sebagai alat back up listrik ketika PC atau kehilangan energi dari sumber utamanya.
UPS bekerja diantara komputer dan colokan listrik, dari colokan listrik yang di alirkan ke Batatre yang berada pada UPS  dan kemudian di simpan untuk kesetabilan tegangan energi. listrik yang di simpan pada batreakan di pakai ketika sumber energi utama listrik terputus. 
dalam perkembangan UPS menjadi beberap tipedi antaranya adalah :
  1. Sps atau stanby power system berfungsi memonitor tenaga listrik yang masuk akan mengalirkan listrik kedalam mode batre (penyimpanan) saat problem terjadi.
  2. On-line UPS tidak mengalirkan listrik pada saat problem terjadi yaitu ketika listrik mati maka UPS akan tetap mengalirkan listrik walaupun sumber utama tidak mati.

Fungsi Utama dari UPS adalah :
1. Dapat memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama (PLN).
2. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita untuk segera menghidupkan Genset sebagai pengganti PLN.3. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita untuk segera melakukan back up data dan mengamankan Operating System (OS) dengan melakukan shutdown sesuaiprosedur ketika listrik utama (PLN) padam.
4. Mengamankan sistem komputer dari gangguan-gangguan listrik yang dapat mengganggusistem komputer baik berupa kerusakan software,data maupun kerusakan hardware.5. UPS secara otomatis dapat melakukan stabilisasi tegangan ketika terjadi perubahantegangan pada input sehingga tegangan output yang digunakan oleh sistem komputer berupategangan yg stabil.
6. UPS dapat melakukan diagnosa dan management terhadap dirinya sendiri sehinggamemudahkan pengguna untuk mengantisipasi jika akan terjadi gangguan terhadap sistem.7.
User friendly dan mudah dalam installasi.
8. User dapat melakukan kontrol UPS melalui Jaringan LAN dengan menambahkan beberapaaccessories yang diperlukan.
9. Dapat diintegrasikan dengan jaringan Internet.
10. Notifikasi jika terjadi kegagalan dengan melakukan setting software UPS management.
jadi sekarang pengertian ups dah jelaskan.. 


1 komentar:

  1. video nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks
    nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl picks nfl download youtube to mp3 picks nfl picks nfl picks

    BalasHapus